Kamis, 29 September 2011

Tutup rantai yang aman bagi sepeda motor

Sepeda motor keluaran pabrik tentunya dirancang sesuai standar kenyamanan dan keselamatan pengendaranya. Tampilan yang trendy dan sporty menjadi favorit konsumen. Tetapi bila kita cermati lebih seksama, ada spare part sepeda motor produksi sekarang yang belum menjamin keamanan, yaitu tidak memadainya penutup rantai. Berbeda dengan sepeda motor keluaran beberapa tahun lalu yang rantainya tertutup rapat. Sehingga aman ketika berhenti ataupun saat berkendara.

Penutup rantai sepeda motor keluaran terbaru hanya menutup sebagian kecil rantai bagian atas. Dengan kondisi seperti ini bisa membahayakan. Baik ketika berhenti maupun berjalan. Anak-anak yang bermain roda atau rantai tanpa pengawasan bisa terjepit. Ketika berjalan, tali sepatu, ujung celana, selendang bahkan kaki yang dibonceng bisa terjerat rantai. Rantai juga cepat kering.
Untuk itu pihak pabrikan sepeda motor perlu mengubah rancangan sepeda motor dengan memasang penutup rantai lebih rapat. Model dan gaya boleh saja, tetapi keselamatan harus dinomor satukan. Dengan penutup rantai yang aman akan menyukseskan safety riding.

Selasa, 27 September 2011

Komunitas Pria Siaga

Masih maraknya pemerkosaan yang menimpa kaum hawa menjadi keprihatinan kita bersama. Dicipta sebagai makhuk yang mempunyai kelemahan, wanita sering kali mendapat gangguan. Sayangnya perlindungan terhadap wanita belum optimal. Apalagi kesetaraan gender yang didengungkan membuat wanita berkarier di luar rumah lebih banyak. Dan ini justru bisa menganncam keselamatan perempuan itu sendiri.
Untuk itu perlindungan terhadapa wanita harus dioptimalkan. Bagaimanapun wanita akan merasa aman jika ada pria. Kita bisa mencontoh program suami Siaga (Suami Siap Antar Jaga) bagi ibu hamil yang segera melahirkan. Kapan dan di manapun para pria harus melindungi wanita.
Salah satu caranya dengan membentuk Komunitas Pria Siaga (KPS). Para anggota KPS membantu melindungi wanita. Misalnya mendampingi wanita yang pulang malam atau jalan sendiri. KPS membentuk Hotline servis yang siap dipanggil kapan dan di manapun diperlukan bila ada wanita memerlukan pengamanan untuk pulang atau pergi ke suatu tempat. Tentu saja anggota KPS harus di seleksi agar tidak terjadi pagar makan tanaman.

Kamis, 22 September 2011

LOMBA KREASI DAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU SMP TINGKAT NASIONAL 2011

LOMBA KREASI DAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU SMP TINGKAT NASIONAL 2011

Deadline: 30 September 2011
Tema:
Media pembelajaran untuk menciptakn proses pembelajaran yang efektif , efisien dan mengembangkan karakter peserta didik.

LINGKUP LOMBA
Karya (Media) yang dilombakan merupakan hasil kreasi atau inovasi media pembelajaran atau hasil penelitian, termasuk penelitian tindakan kelas dan lesson study yang melibatkan pengembangan/penciptaan, inovasi, dan pemanfaatan media pembelajaran baik media sederhana atau multimedia untuk pembelajaran mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan PKn. Media Pembelajaran tersebut telah digunakan dalam proses pembelajaran dan secara empiris telah memfasilitasi pembelajaran yang efektif, efisien, interaktif, menyenangkan, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta mengembangkan karakter.

KERANGKA KARYA KREASI DAN INOVASI MEDIA
1. Bagian Awal: halaman judul, halaman pengesahan, surat pernyataan keaslian hasil karya, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar lampiran, dan abstrak
2. Bagian Inti:
a. Pendahuluan: latar belakang dan tujuan kreasi dan inovasi media
b. Kajian pustaka: kajian teori yang relevan termasuk hasil penelitian sebelumnya, deskripsi rinci media, dan keefektian media dalam meningkatkan mutu pembelajaran
c. Metode
1). Melalui penelitian: jenis, waktu dan tempat, subyek, prosedur penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data, dan teknik analisis data (kualitatif dan/kualitatif)
2). Bukan melalui penelitian: langkah-langkah pengembangan, deskripsi penggunaan media, data, teknik dan isntrumen pengumpulan data, teknik analisis data
d. Hasil penelitian dan pembahasan (penyajian data dan analisis hasil penelitian dan pembahasan)
e. Kesimpulan dan saran
3. Bagian akhir: daftar pustaka, lampiran foto media (benda) atau software yang dikembangkan dan data penunjang lain, lampiran biodata peserta

KETENTUAN LAIN
1. Lomba dapat diikuti perorangan atau kelompok guru negeri/swasta seluruh Indonesia
2. Karya lomba berupa hasil penelitian, PTK, dan lesson study 2 tahun terakhir (2010 dan 2011)
3. Peserta lomba hanya mengirimkan 1 naskah sesuai bidang tugasnya
4. Diketik 2 spasi dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Laporan pada mapel Bahasa Inggris ditulis dalam bentuk bahasa Inggris
5. Panjang karya maksimal 20 hal kertas A4 (Time New Roman 12) tidak termasuk bagian awal dan lampiran
6. Naskah lomba dijilid dan diberi sampul hijau muda (IPA), hijau tua (IPS), biru muda (Bahasa Inggris), biru tua (Bahasa Indonesia), abu-abu (PKn) dan kunng (Matematika)
7. Peserta mengirimkan karyanya ke:
Penitia Lomba Kreasi dan Inovasi Media Pembelajaran Kementrian Pendidikan Nasional
Direktorat Pendidikan Dasar
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama
Gedung E. Lantai 16 Kemendiknas
Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan
Telp 021-57900083, 5725685, 57900342
8. Karya (naskah) dapat diterima oleh panitia sejak 1 September 2011 dan selambat-lambatnya 30 September 2011

PENILAIAN
Penilaian babak I (naskah/laporan karya ilmiah): 50 %
Penilain babak II ( presentasi dan wawancara): 50 %

JADWAL
1. Penerimaan karya: 1 – 30 September 2011
2. Penilaian Babak I : 10 – 14 Oktober 2011
3. Pengumuman kontestan yang lolos babak II (melalui surat): 24 – 28 Oktober 2011
4. Penilaian babak II: 15 – 19 November 2011

PENGHARGAAN
Pemenang mendapat hadiah uang dan piagam dari Kementrian Pendidikan Nasional. Pajak ditanggung Pemenang
Biaya transport dan akomodasi selama lomba berlangsung ditanggung panitia