Minggu, 07 Agustus 2011

Pondok Pesantren Go to School

Santri go to school

Pondok Pesantren mempunyai peran penting dalam pembentukan karakter bangsa. Pendidikan di pesantren pun kini tidak hanya kental dengan materi agama. Berbagai disiplin ilmu dan ketrampilan diberikan kepada para santri sebagai bekal, kelak mereka terjun ke masyarakat. Dengan mengusai gabungan ilmu, lulusan ponpes siap go publikl.

Peran pesantren ini bisa lebih dimanfaatkan dengan tidak harus menunggu para santri menyelesaikan pendidikan di ponpes. Seperti halnya para mahasiswa di perguruan tinggi yang melaksanakan KKN dan PPL, para santri perlu juga mengadopsi model ini. Khusus selama bulan suci Ramadan, pondok pesantren memprogramkan Ponpes Go to School.

Karena selama Ramadan sekolah mempunyai hari-hari efektif fakultatif. Waktu ini boleh dimanfaatkan untuk menambah penguasaan ilmu agama. Santri yang mengikuti program ini adalah santri senior, yang penguasaan materinya baik untuk mencegah kesalahpahaman dalam pengajaran. Dengan melakukan PPL di sekolah, para santri semakain terasah kemampuannya. Hal ini sangat membantu sekolah dalam menanamkan pendidikan agama dan budi pekerti. Menyukseskan program pendidikan karakter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar