Rabu, 07 Desember 2011

Membukukan karya inovasi Guru

Untuk memudahkan pembelajaran kepada siswa diperlukan inovasi oleh guru. Baik dalam metode maupun medianya. Dan sudah banyak guru yang menghasilkan karya terbaiknya. Inovasi guru itu terbukti dapat memotivasi siswa serta mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Guru-guru inovator ini berkarya tanpa pamrih. Yang penting siswanya bisa belajar dengan baik.
Sayang, karya-karya terbaik itu belum terpublikasikan. Sehingga guru lain tidak dapat mengadopsi maupun mengembangkannya. Kebanyakan hanya melalui lomba atau forum terbatas, karya tersebut dapat diadopsi guru lain. Setelah kegiatan hasil karya hanya tersebut menumpuk di gudang panitia.
Oleh karena itu, perlu upaya mensosialisasi / mempublikasikan karya inovasi guru. Kementrian pendidikan dan Kebudayaaan, Dinas pendidikan, pihak penerbitan atau pihak yang berkompeten memverifikasi hasil karya guru. Yang lulus uji dibukukan dan disalurkan ke sekolah-sekolah. Guru inovator memperoleh royalti atas hak karya intelektualnya. Sehingga guru menjadi pahlawan dan dihargai jasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar