Senin, 16 Januari 2012

Siswa SMK Fokus menghadapi Ujian Nasional

Keberhasilan siswa SMK di berbagai bidang belakangan ini mampu membuka cakrawala pandang terhadap kemampuan anak SMK. Mulai kemampuan membuat mobil, merakit laptop, rancang bangun serta kemampuan lainnya. Berbagai pihak pun bersimpati dan berempati dengan memberikan dukungan. Baik dalam bentuk kebijakan maupun kesediaan mendukung sarana prasarananya.

Namun jangan sampai keberhasilan ini melupakan tugas utama anak-anak SMK ini yaitu belajar. Terutama kelas tiga. Karena sebentar lagi siswa kelas 3 SMK menempuh Ujian Nasional beserta serangkaian ujian lainnya. Seperti ulangan semester genap, uji kompetensi keahlian kejuruan, ujian sekolah dan gongnya Ujian Nasional. Dimana satu dengan lainnya berpengaruh terhadap kelulusan.

Untuk sementara waktu siswa kelas 3 SMK jangan banyak disibukkan dengan berbagai aktivitas yang tidak terkait dengan pembelajaran. Mereka harus disiapkan intensif lebih dini. Usai ujian nasional mereka dilibatkan kembali dalam pengembangan produk ungggulan SMK-nya. Jangan seperti timnas Garuda yang dielu-elukan di fase awal serta mengikuti banyak ceremonial, begitu di final justru anti klimaks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar