Jumat, 10 Februari 2012

Koran khusus pendidikan

Koran merupakan sarana komunikasi efektif. Jika menyimak koran yang beredar, sebagian besar mewartakan politik, hiburan, olah raga dan berita-berita khusus. Itupun masih ada yang dibumbui gambar atau tulisan berbau pornografi. Jarang koran yang khusus menyajikan berita pendidikan.

Perlu penerbitan koran khusus pendidikan. Banyak materi dunia pendidikan yang dapat disajikan. Mulai info teranyar kebijakan pendidikan, klinik pendidikan, materi pembelajaran, kiprah sekolah, prestasi guru dan siswa, kuis pendidikan, pernak-pernik kehidupan anak sekolah dsb. Yang penting tampilan dan isi harus menarik minat anak sekolah membacanya.
Sebagai tahap awal dinas pendidikan bekerja sama dengan koran lokal menerbitkan koran khusus pendidikan dalam satu lembaran tersendiri. Jika sudah matang, dikembangkan menjadi terbitan mandiri. Melalui koran pendidikan, para guru punya wadah lebih banyak untuk menyajikan karya tulisnya. Para guru juga tidak akan keberatan berlangganan sebagai kewajiban penggunaan tunjangan profesi pendidik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar