Jumat, 07 November 2014

Pertukaran Pelajar dan Pemuda Antar Daerah



            Keberadaan pemuda dan pelajar sangat penting dalam perjuangan Indonesia. Persatuan dan kesatuan mereka melahirkan daya juang luar biasa dalam mewujudkan dan mengisi  kemerdekaan. Sayangnya belakangan ini citra pemuda dan pelajar mulai luntur. Terutama terkait nasionalisme dan rasa kebersamaan sebagai satu bangsa. Jika hal ini dibiarkan dapat membahayakan keutuhan NKRI.
Perlu pengeratan persatuan, agar sebagai bangsa bisa saling menjaga dan  berjalan seiring untk mewujudkan cita-cita kemerdekaan. Upaya ini dulu pernah dilakukan dengan kegiatan pertukaran pelajar ataupun pemuda antar propinsi/daerah. Terbukti program tersebut banyak nilai positifnya.
            Untuk itu program pertukaran pelajar/pemuda perlu digalakkan kembali. Teruatama antar daerah yang maju dengan yang belum serta antar daerah yang antar pemudanya sering berselisih. Selain bisa saling mengenal budaya antar daerah, juga ada transfer ilmu dan  pengalaman. Manfaat yang lain bisa meminimalisasi terjadinya perseteruan karena berbagai perbedaan multi budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar