Kamis, 19 Mei 2016

Mengisi Waktu Luang Usai UN



            Setelah ujian nasional selesai, siswa-siswa SMA dan SMP kelas akhir merasa bebas. Merekap pun menghilangkan kepenatan dengan berbagai cara. Sementara yang lain bersiap dengan beberapa agenda penting. Diantaranya  SNMPTN atau bersiap mencari pekerjaan. Sedang anak kelas IX SMP kebanyakan menganggur. Kecuali bagi yang akan meneruskan ke sekolah tertentu atau sekolah unggulan masih ada kesibukan. Belajar mandiri atau ikut bimbingan belajar.
            Padahal waktu pengumuman kelulusan SMP masih lama, sekitar satu bulan. Jika anak-anak kelas IX dan XII ini tidak dikoordinir kegiatannya bisa berdampak buruk. Karena masih berstatus siswa di sekolahnya masing-masing. sebaiknya sekolah membuat kegiatan bagi mereka. Berupa pembekalan materi tambahan bagi yang akan melanjutkan pendidikan atau memberi pelatihan. Ketrampilan, kewiraswastaan, kepemimpinan ataupun bhakti sosial.
Toh banyak guru  pengajar kelas IX dan XII yang sudah tidak mempunyai jam mengajar di kelas. Ini bisa dimanfaatkan untuk memberi pembimbingan ataupun pendampingan. Dengan memberi kegiatan aktifitas siswa terpantau dan menambah bekal pengetahuan mereka menghadapi seleksi sekolah ataupun yang mau bekerja. Orang tua juga tidak cemas dengan anak-anaknya.

1 komentar: