Senin, 30 Mei 2016

Urus KTP dan SIM Wajib Hafal Pancasila



Memperingati hari besar nasional atau hari bersejarah biasanya dimeriahkan berbagai acara. Tak terkecuali memperingati hari lahirnya Pancasila. Meski belum ada penetapan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, namun tidak ada salahnya hari bersejarah ini perlu ditandai dengan kegiatan positif. Kekuatiran nilai-nilai Pancasila mulai luntur dalam masyarakat sesuatu yang mencemaskan.  Jangankan menerapkan, banyak masyarakat kita yang tidak tahu atau hafal sila-sila Pancasila. Jika tidak diantisipasi bisa jadi banyak yang tidak tahu apa itu Pancasila.
Makanya wajar, bila banyak pihak menyarankan agar pendidikan Pancasila dihidupkan kembali. Hanya saja, jika hal ini diberlakukan baru efektif terhadap anak sekolah. Sedang masyarakat umum belum. Perlu jurus sederhana agar masyarakat kembali memahami arti Pancasila. Minimal hafal.
Salah satu caranya dengan mewajibkan warga yang mengurus surat-surat terkait kependudukan atau persyaratan bersifat individu wajib menghafalkan Pancasila. Ketika mengurus KTP, SIM, Akta kelahiran atau yang akan menikah diharuskan  melafalkan Pancasila di depan petugas. Jika belum hafal tidak diberikan surat-suratnya. Dengan hafal Pancasila minimal masyarakat tahu, memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar