Senin, 11 Juli 2011

MEMBUAT MOS BERKARAKTER DAN HUMANIS

Senin (11/7) lusa tahun ajaran baru 2011/2012 dimulai bersamaan Masa Orientasi Siswa (MOS). Belajar pelaksanaan MOS tahun-tahun sebelumnya yang masih dibumbui kekerasan, hal ini jangan terulang lagi. Perlu penegasan aturan dan pemberian petunjuk MOS yang bersifat lebih humanis.

Kegiatan diarahkan pada pendidikan karakter. Mengajarkan kepada siswa baru untuk menjalin komunikasi positif dengan seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar. Membentuk jiwa disiplin, sopan santun, menghormati, menghargai, berjiwa sosial dan belajar hidup bersama dalam perbedaan. Seperti mengenal guru lebih dekat, bhakti sosial atau menyantuni fakir miskin/yatim piatu.

Dalam pelaksanaan, pengurus OSIS dilibatkan dengan pendampingan dan pengawasan guru secara optimal agar tidak terjadi tindakan negatif. Memposisikan kakak kelas sebagai fasilitator untuk menghilangkan sifat senioritas antar adik dan kakak kelas. Dengan demikian MOS bukan lagi sesuatu yang menakutkan dan ajang balas dendam. Agar tidak ada korban berjatuhan gara-gara MOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar