Selasa, 19 Juli 2011

Mengajarkan hitung dasar bagi anak sekolah

Memasuki minggu pertama tahun ajaran baru 2011/2012, para siswa mulai pelajaran baru. Para guru di kelas awal (1 SD, 7 SMP, 10 SMA) pasti menemui hal-hal baru dan menggelikan. Mulai belum lancarya baca-tulis hingga lemahnya perhitungan. Tetapi itulah tugas utama guru. Membelajarkan kepada siswa, dari belum bisa menjadi bisa.
Berkaca pada hasil ujian nasional banyak siswa tidak lulus karena lemah di bidang matematika, maka tahun ajarana baru ini merupakan saat tepat untuk memberi bekal dasar matematika, utamanya hitung dasar perkalian. Mudah dijumpai, anak-anak sekarang banyak yang tidak hafal hasil perkalian, hanya untuk bilangan kecil. Karena sistem pendidikan sekarang memang tidak lagi menuntut siswa untuk menghafal. Berbeda dengan jaman dahulu. Jika tidak hafal, pasti dihukum. Dan hasilnya, anak-anak sekolah jaman dahulu pasti jago berhitung.

Oleh karena itu model pembelajaran untuk hitung dasar seperti perkalian harus lebih digalakkan. Para guru matematika perlu mewajibkan anak-anak (utamanya kelas awal) harus hafal perkalian. Minimal mulai 1x1, hingga 9x9. Dengan demikian memperlancar pembelajaran matematika khususnya, dan pelajaran lain yang memerlukan perhitungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar