Sabtu, 16 Juli 2011

TK dan PAUD Full Days School

Gegap gempita tahun ajaran baru tidak hanya terjadi pada pendidikan dasar dan menengah. Meski diwarnai rumor-rumor seputar PSB, seragam, sumbangan, hingga MOS. Berbeda dengan pendidikan taman kanak-kanak (TK) dan pendidikan anak usia dini (PAUD). Pada tingkat pendidikan pra sekolah ini aman-aman saja.

Padahal kalau di cermati biaya pendidikan di TK dan PAUD tidak semurah bila dibandingkan SD-SMP-SMA. Tentunya biayanya beragam, tergantung model pembelajaran dan fasilitasnya. Para orang tua juga tidak banyak protes jika lembaga TK atau PAUD mematok biaya tinggi. Asal putra–putrinya memperoleh pendidikan berkualitas, perlindungan dan dapat berfungsi sebagai tempat penitipan anak mereka. Dikarenakan kebanyakan para orang tua tidak mempunyai cukup waktu untuk mendidik dan mengawasi.

Memperhatikan gejala ini, sebaiknya TK dan PAUD berinovasi dalam proses pendidikannya. Mengemas pola pendidikan full days school. Mengubah nuansa pendidikan beserta penataan ruang seperti di rumah. Sehingga anak-anak merasa menikmati selama berada di TK/PAUD. Belajar dalam nuansa bermain disertai penanaman pendidikan budi pekerti, keimanan dan ketaqwaan. Dan, jangan memaksa anak untuk menguasai materi di luar masa perkembangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar