Rabu, 06 Juli 2016

GALANG DANA DI HALAL BIHALAL



Hari-hari ini umat Islam Indonesia melakukan ritual halal bihalal, budaya khas  Indonesia. Disamping melakukan kegiatan rutin bersilaturahim dengan tetangga, kolega atau pimpinan, halal bihalal banyak dikemas dalam bentuk halal bihalal bersama atau reuni.
Sudah barang acara seperti ini dihadiri orang-orang yang sudah berhasil. Acaranyapun banyak dibalut dengan acara makan-makan. Tentunya ini tidak menggambarkan hasil puasa Ramadan. Halal bihalal bukan ajang balas dendam dengan pesta pora. Hari kemenangan merupakan introspeksi diri untuk memperbaiki kulaitas rohani.
Agar acara ini lebih bermanfaat, ada baiknya dilaksanakan secara sederhana. Dirayakan juga bersama-sama dengan kaum duafa. Diselipi penggalangan dana. Dana yang terkumpul disumbangkan kepada mereka yang kekurangan. Bagi yang berhasil, dapat mengajak rekan atau masyarakat sekitar yang belum mendapat pekerjaan dengan merekut atau menciptakan lapangan pekerjaan baru di daerah asalnya. Dengan demikian halal bihalal dan reuni tidak saja dapat merajut hati yang rindu, tetapi juga mampu memberi kesejukan kepada  mereka tidak mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar