Kamis, 21 Juli 2016

Guru BK bagi anak SD

            Mengantar anak ke sekolah di awal tahun ajaran baru menjadi ngetrend. Padahal hal itu sudah biasa. Budaya yang diformalkan. Memang, ada nilai positifnya. Yang perlu sebenarnya, bagaimana mendampimgi anak sekolah utamanya SD dan TK sehari hari jika ada masalah. Meski kini kebutuhan guru menjadi polemik, masih ada kekurangan guru untuk pelajaran tertentu.Khusus di SD jarang yang mempunyi guru bimbingan karier (BK). Padahal keberadaan guru BK sangat diperlukan. Bagi anak seusia SD, perkembangan mentalnya perlu dimatangkan.
            Apalagi beban pelajaran anak SD sangat berat. Jika tidak ada pendampingan oleh guru BK, bisa jadi anak-anak ini akan mengalami trauma terhadap pelajaran. Ditambah berbagai tuntutan yang memaksa anak mengikuti berbagai kegiatan sekolah yang sering menyita waktu bermain anak. Sehingga anak kehilangan hidup bersosialisasi di lingkungan sekolah dan rumahnya.

1 komentar:

  1. Ya saya setuju guru BK Emang sangat diperlukan apalagi sekarang begitu banyak tantangan lingkungan yang membuat anak rentan tergoda untuk melakukan hal-hal negatif maka peran lebih guru BK sangat berpengaruh terhadap perilaku anak di sekolah maupun di rumah

    BalasHapus