Selasa, 02 Maret 2010

BANTUAN LANSIA HARUS AKURAT

Berkaca program Bantuan Tunai langsung (BLT), dimana banyak data tidak akurat dan bantuan salah sasaran bahkan diselewengkan. Rencana pemerintah memberi bantuan tunai kepada lansia perlu mendapat apresiasi positif dan pengawasan. Jaminan sosial bagi lansia ini diharapkan benar-benar membantu lansia yang hidup di bawah garis kemakmuran.
Sebagai program baru di awal pemerintahan pak SBY, semoga program ini jauh dari politisasi. Untuk itu agar berjalan matang dan tepat sasaran, program ini jangan tergesa-gesa. Penggunaan data lama yang biasanya dipakai dalam suatu program nasional perlu dievaluasi dan diperbaharui. Setelah tahap sosialisasi dan akurasi data, dinas sosial atau pihak-pihak yang akan menganai ini di level bawah segera diberi pembekalan.
Agar dalam melaksanakan tugasnya jauh dari KKN dan profesional melaksanakan tugasnya. Kategori lansia yang benar-benar berhak menerima bantuan ini perlu parameter tepat. Lansia yang tidak mempunyai penghasilan tetap, pendapatan di bawah UMR, lansia yang tidak ada menanggung biaya hidupnya harus diprioritaskan. Lansia Jendral, konglomerat, pensiunan pejabat dan mereka yang mempunyai pengahasilan cukup untuk hidup tidak berhak menerima bantuan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar