Jumat, 03 Juni 2011

Sanksi bagi calon mahasiswa mangkir

Jalur masuk perguruan tinggi negeri lewat undangan maupun PMDK belum dimanfaatkan maksimal. Hal ini nampak dari kosongnya ribuan kursi jalur undangan dan tidak daftar ulangnya calon mahasiswa yang sudah diterima lewat jPMDK. Dimungkinkan diantara mereka ada yang sekedar mencari aman dulu, dan mengikuti SNMPTN untuk memilih jururan favorit. Begitu nanti diterima, jatah jalur undangan/PMDK dilepas. Atau ada yang jadi joki.

Dengan tidak mengambil haknya ini merugikan karena menutup kesempatan calon mahasiswa lain. Padahal masih banyak yang bersusah payah mendapat kursi PTN lewat jalur khusus ini. Hal ini berlanjut ketika hasil SNMPTN diumumkan, juga ada yang tidak daftar ulang karena merasa pilihannya tidak sesuai. Dan kembali memilih jurusan lewat jalur undangan. Kursi hasil SNMPTN pun banyak lowong. Ini berlangsung setiap tahun.

Perlu kebijkan agar kesempatan memperoeh pendidikan di PTN tidak menjadi permainan. Agar memberi kesempatan untuk semua dan terhindar dari perjokian. Bagi mahasiswa yang tidak daftar ulang lewat jalur undangan, PMDK ataupun SNMPTN diberi sanksi. Dicoret dari proses penerimaan tahun ini. tetapi diberi kesempatan tahun mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar