Selasa, 28 Juni 2011

Sekolah Unggul Tanpa Label

Sekolah Unggul Tanpa Label
Sekolah bemutu identik dengan biaya mahal disertai label mentereng. Mulai yang bernama (R)SBI, full day, terpadu, sekolah unggulan, dan sebagainya, disertai dengan nama-nama berbau asing. Mereka yang sekolah di sekolah unggul itupun masih dilengkapi atribut khusus ciri khas sekolah. Meski itu hak mereka, namun hal itu bisa membuat eksklusifisme kepada anak didik.
Akibatnya sekolah-sekolah lain berlomba membuat sekolah andalan dengan model yang berkiblat sekolah unggul yang sudah ada. Akhirnya sekolah jual mahal, seakan merasa dengan atribut yang disandangnya sudah menjadi jaminan kualitas proses pembelajaran dan lulusannya. Ini yang mengakibatkan pendidikan berbiaya tinggi.
Untuk itu sekolah yang membuat program unggulan sebaiknya tidak perlu memasang label tambahan. Yang utama sekolah membuat dan melaksanakan program sebaik mungkin sesuai misi dan visi sekolah serta mengadopsi kurilulum sekolah terbaik, entah dari dalam maupun luar negeri. Sehingga tanpa label tertentu sekolah tidak akan mematok biaya tambahan pendidikan yang memberatkan orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar