Sabtu, 20 Maret 2010

MENGGIATKAN SISKAMLING

Tewasnya gembong teroris yang paling dicari, Dulmatin, menjadi kabar gembira bagi semua. Sepeninggal Nordin M Top dan Dr Azahari, ternyata ancaman teroris belum hilang. Bahaya laten komunis sewaktu-waktu bisa muncul. Menunggu kelengahan aparat keamanan dan mayarakat.
Untuk itu menjadi tanggung jawab bersama, menciptakan lingkungan yang aman. Terbukti, terungkapnya beberapa kasus kejahatan berawal dari laporan masyarakat. Kita tidak bisa selalu mengandalkan pihak berwajib. Densus 88 tidak mungkin bisa bergerak cepat jika tidak ada informasi awal dari masyarakat.
Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) yang dulu efektif menciptakan kondisi lingkungan kondusif, saatnya digalakkan kembali. Masyarakat jangan hanya mengandalkan tenaga keamanan yang mereka bayar. Menyerahkan sepenuhnya keamanan lingkungan kepada satuan keamanan setempat. Memang banyak pos kamling. Sayang fungsinya mulai berubah. Menjadi tempat dagang, tempat mojok muda-mudi bahkan untuk berjudi. Kepedulian kita bersama memfungsikan pos kamling dan siskamling-nya adalah garansi dalam menciptakan lingkungan yang aman dari gangguan kejahatan bahkan oleh teroris.

1 komentar:

  1. SAYA BERHARAP HAL INI MENULAR DI TEMPAT KAMI DI JL. MANGGA MADIUN KOTA DEKAT KLENTANG. TIAP MALAM BANYAK MABUK2AN + PENCURIAN TAPI TDK ADA YG LAPOR KE BERWAJIB. HAL INI DI KARENAKAN ADA BURONAN+ BANYAK SEKALI TEMAN2NYA SEHINGGA TAKUT JG. GIMANA MENGHADAPI HAL TSB. TQ

    BalasHapus