Rabu, 20 April 2011

PEMOTONGAN MASSAL DAHAN POHON

Serangan ulat bulu makin menjadi. Berbagai upaya mencegah dan membinasakannya belum menuai hasil menggembirakan. Insektisida pun tak lagi ampuh membunuhnya. Diduga ulat bulu ini telah mengalami mutasi gen. Untuk membasminya harus dengan memotong mata rantai kehidupannya.

Karena daun merupakan makanan pokok ulat, daun yang dihasilkan pohon tempat favorit ulat berkembang biak dimusnahkan. Dahan-dahan pohon dipotong secara serempak. Agar tidak memberi kesempatan ulat-ulat bermigrasi. Mumpung saat ini musim penghujan, dengan pemotongan dahan secara massal, dalam waktu dekat akan bersemi kembali. Yang utama, rantai kehidupan ulat bulu terhenti.

Dengan pemotongan dahan, pohon juga melakukan regenerasi cabang dan daun baru. Kelak juga akan menghasilkan buah lebih lebat. Karena anomali iklim, saat inipun pohon yang berbunga banyak yang tidak menghasilkan bakal buah. Jadi penduduk atau petani yang menggantungkan hidup dari hasil pohon tidak akan mederita kerugian terlalu besar. Justru pohonnya nanti akan menghasilkan buah lebih banyak dan bebas dari serangan ulat bulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar