Senin, 04 April 2011

Wisata Edukasi di Dalam Negeri

Kualitas pendidikan kita semakin diakui dunia. Terbukti banyak siswa Indonesia berprestasi di ajang lomba internasional. Yang lebih membanggakan lagi banyak siswa berprestasi berasal dari daerah. Sekolah yang berhasil menelurkan bibit unggul ini patut dijadikan contoh dan tempat studi banding.

Tidak seperti yang terjadi belakangan ini. Banyak sekolah mengajak siswanya berbondong-bondong studi banding ke luar negeri. Selain memboroskan devisa, studi banding ke tempat yang budaya, kebijakan apalagi fasilitasnya sangat jauh berbeda, tidak efektif. Yang terjadi, sepulang dari studi banding banyak yang terkagum-kagum dan sulit mengaplikasikan di sekolahnya.

Untuk itu lebih baik study banding di dalam negeri saja. Banyak sekolah bermutu tersebar di nusantara. Pemerintah daerah atau sekolah yang sudah menunjukkan prestasinya, mempromosikan/dipromosikan sebagai tempat wisata edukasi. Ketika sekolah memprogramkan karya wisata jangan hanya ke tempat wisata, tetapi juga berkunjung ke sekolah-sekolah unggul. Jangan melihat keunggulan dari sisi fasilitas, tetapi unggul dalam prestasi dan model pendidikan yang mudah diterapkan di sekolah asal. Anak Indonesia harus bangga dengan sekolah dalam negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar