Jumat, 29 April 2011

Pendidikan ketrampilan bagi lansia

Meningkatnya usia harapan hidup merupakan salah satu indikasi meningkatnya kesehatan dan kesejahteraan manusia. Namun tidak jarang umur panjang dipandang sebuah ujian. Baik bagi manusia yang diberi umur panjang atau yang mendampinginya. Karena tidak jarang ketika memasuki masa tua dan mulai pikun, para lansia dianggap menambah beban hidup.

Untuk itu perlu upaya meningkatkan potensi para lansia dengan memberi pendidikan ketrampilan. Para lansia dikumpulkan dalam satu tempat pendidikan dan dilatih. Dengan bekal ketrampilan para lansia bisa produktif. Selain menghasilkan income, dengan berkegiatan dapat mencegah kepikunan. Agar lebih terorganisir dicarikan bapak angkat untuk pendampingan dan memasarkan produknya. Sehingga para lansia ini bisa mandiri dan bermanfaat.

Kepada anggota keluarga juga diharapkan jangan asal menitipkan orang tua memasuki masa tuanya. Tetap berkomunikasi, menghormati serta menempatkan orang tua dalam lingkungan keluarga akan semakin membuat lansia lebih nyaman menikmati sisa hidupnya. Apalagi bila lansia ini terus produktif, malah akan membantu keluarga dan memberi uang saku cucu-cucunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar