Selasa, 22 Juli 2014

Hari Anak Yatim Piatu



            Anak adalah aset. Di tangan mereka masa depan bangsa dipertaruhkan. Hanya saja banyak diantara anak-anak ini yang tidak beruntung. Terlahir di keluarga serba kekurangan, tanpa orang tua dan tumbuh tanpa sempat mengenyam pendidikan.. Walau perhatian pemerintah terhadap anak telah diwujudkan dengan menetapkan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli.
Berbagai bentuk kegiatan dibuat dalam rangka HAN. Kebanyakan berupa unjuk potensi anak. Dan kita bisa bangga melihat talenta anak-anak Indonesia setiap ada HAN. Tetapi anak-anak ini masih perlu tambahan perhatian. Terutama anak terlantar dan  yatim piatu. Meski sudah dijamin UUD 1945, toh masih banyak anak-anak yang tumbuh kurang asuhan. Keberadaan rumah singgah ataupun panti asuhan belum cukup menampungnya.
Agar lebih fokus terhadap anak-anak terlantar dan yang tidak punya orang tua, perlu penetapan Hari Anak Yatim Piatu. Dengan penegasan ini pemerintah dan masyarakat akan lebih memperhatikan nasib mereka. Tidak sekedar menampilkan keunggulan saja. Memberi perhatian, pembimbingan dan pendidikan akan membekali mereka. Ini  merupakan hadiah terindah bagi anak yatim piatu dan anak terlantar sebagai bekal menjemput masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar