Senin, 14 Juli 2014

KADER PEDULI SAMPAH DI SEKOLAH



Sampah selalu menjadi masalah. Tidak hanya di kota besar, di lingkup kecil seperti sekolah juga demikian. Kurangnya tenaga kebersihan dan lahan pembuangan menjadi kendala utama untuk membersihkan sampah. Belum lagi beraneka jenis sampah, jika tidak dikelola dengan baik justru membahayakan lingkungan dan manusia itu sendiri. Terutama jenis sampah anorganik.
Untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan dari sampah sejak dini dapat dimulai dari sekolah. Jika selama ini  penanganan sampah banyak dibebankan kepada petugas khusus / karyawan sekolah, kini perlu didukung oleh siswa. Yaitu dengan membentuk kader peduli sampah Sekolah juga  membuat tata tertib terkait sampah dan pengelolaannya. Seperti pengenaan denda bagi siswa yang membuang sampah sembarangan.
Kader peduli sampah ini bertugas untuk mengawasi pelaksanaan aturan tersebut. Jika perlu membantu petugas pembersih sampah usai jam sekolah. Para kader ini juga mengelola sampah, baik untuk dibuat kompos ataupun memilah barang yang tidak terurai seperti plastik untuk dikumpulkan. Kompos yang terkumpul dikemas dan dijual. Sedang plastik dan sejenisnya dijual kepada pengepul barang  bekas. Hasil penjualan digunakan untuk kegiatan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar