Rabu, 15 Juni 2016

Berpakaian Muslim selama Ramadan

            Selalu ada nuansa berbeda selama Ramadan. Mulai ibadah, jam kerja, makanan, pakaian dan berbagai pernak-pernik Ramadan. Suatu keadaan yang membuat roda kehidupan sedikit berubah. Sekolah, intansi pemerintah dan swasta menyambut Ramadan dengan berbagai kegiatan. Utamanya terkait peribadatan. Semangat beribadah ini diharapkan membawa efek positif. Tidak hanya pada diri yang puasa, tetapi juga bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya.
Ada satu hal yang bisa dilakukan untuk mendukung Ramadan, yaitu dengan berpakaian muslim. Dengan berpakaian seperti ini akan mempengaruhi jiwa seseorang. Minimal dengan berpakaian muslim akan menutup aurat. Selain itu juga mencegah orang berpuasa kehilangan pahala puasanya.
Seperti halnya berpakaian batik pada pekan swadesi, dalam Ramadan ini kaum muslim di sekolah, instansi pemerintah dan swasta dianjurkan berpakaian muslim. Sedang bagi non muslim (utamanya wanita) dianjurkan berpakaian panjang. Ini juga sebagai wujud sikap toleransi antar umat beragama. Sehingga Ramadan akan terlihat semakin indah. Bagi yang puasa bertambah khusuk menjalankan ibadahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar