Kamis, 30 Juni 2016

Zakat Jadi Alat Pancing



           Zakat bisa dipakai mengukur  kesejahteraan masyarakat. Semakin besar zakat terkumpul menunjukkan semakin baik tingkat kemakmurannya. Meski tidak dipungkiri juga masih banyak masyarakat yang hidup kekurangan. Trend pengumpulan zakat pun setiap tahun menunjukkan grafik meningkat. Bahkan di beberapa tempat terjadi surplus zakat. Tentunya ini bisa dimanfaatkan lebih optimal.
            Disamping zakat berlebih tersebut bisa didistribusikan ke luar wilayah, besaran zakat terutama jatah fakir miskin perlu diperbesar nilainya. Terutama kaum miskin yang memiliki anak usia sekolah.  Porsinya disesuaikan. Misalnya zakat yang diberikan selain dapat digunakan untuk berlebaran juga bisa digunakan untuk membiayai pendidikan. Syukur bisa untuk satu tahun.
Porsi yang lebih besar kepada fakir miskin ini sebagian zakatnya bisa diarahkan sebagai modal kerja. Nantinya lembaga penyalur zakat memberikan pelatihan. Sehingga selepas lebaran mereka siap berusaha mengentaskan diri dari kemiskinan. Jadi zakat tidak lagi sekedar memberi ikan, tetapi memberi kail. Agar zakat mempunyai kemanfaatan lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar