Minggu, 19 Juni 2016

LIBURAN CARI DUIT, KENAPA TIDAK?


            Apa acara anak-anak  liburan usia kenaikan kelas? Barangkali jauh hari sudah direncanakan.  Setelah otak diperas, mau refreshing. Rekreasi, kemah, out bound, berpetualang ala Si Bolang atau menaklukkan alam. Kegiatan mengasyikkan tapi juga tidak sedikit uang yang dikeluarkan.  Buat yang ortunya berkecukupan nggak jadi masalah. Yang lain? Dalam situasi krisis ekonomi, banyak orang tua pusing tujuh keliling. Tidak hanya memikirkan kebutuhan sekolah. Tetapi untuk hidup sehari-hari saja kadang harus puter otak. Malah bulan depan tahun ajaran baru. 
            Adik-adik kalian yang mau masuk sekolah pasti butuh biaya tidak sedikit. Untuk itu jika punya rencana kegiatan, minta ijin serta konsultasikan dengan guru dan orang tua. Jangan menganggap sudah merasa besar, seenaknya sendiri mengadakan kegiatan.  Meski itu positif, tapi kalau terlalu memberatkan orang tua, kasihan kan ortu kita? Apalagi menyangkut dana.
            Untuk itu pertimbangkan masak-masak. Sudah terlintaskah di angan-angan membuat kegiatan yang menghasilkan uang.  Yach… liburan sambil refreshing bisa dapat vulus dan terpenting cari pengalaman. Di sekolah, kalian sudah diajarkan apa itu life skills.  Inilah moment tepat untuk mempraktekkannya.
            Belajar bekerja, bekerja sambil belajar.  Motto yang bisa kalian pakai. Apa kira-kira yang dapat dilakukan dan apa modalnya?  Untuk menghasilkan uang tidak selalu perlu modal besar. Modal utamanya adalah kemauan, semangat tinggi dan tidak gengsi. Jangan jaim Kalian yang di SMK tidak perlu menunggu Program Sistem Ganda (PSG). Ikut bengkel, kerja di bangunan, jaga toko, kerja di rumah makan atau kaki lima pun bisa dicoba.  Tidak masalah. Ikut kerja orang kadang menjadikan kalian seperti orang suruhan. Selalu diperintah.  Sekali-kali kalian bisa merasakan beratnya orang cari duit.
            Tapi kalau kalian kreatif, belajarlah jadi seorang entrepreneurs. Belajar menciptakan usaha. Seorang entrepreneurs harus pandai menangkap peluang dan tidak takut gagal.  Berani bersaing dan berbuat sesuatu yang baru, inovativ. Waktu liburan bersamaan dengan penerimaan murid baru kan?. Nah, manfaatkan moment ini dengan berjualan makanan, minuman atau apa pun. Jika di dekat kalian ada acara rame-rame kayak pasar malam, cobalah ikut-ikutan dagang.  Makanan, minuman, mainan, assesoris kawula muda atau apa saja yang menurut kamu gampang menjualnya. Apalagi waktu pameran pendidikan lalu, banyak produk hasil kreatifitas anak-anak sekolah bikin decak kagum banyak orang. Kenapa tidak dikembangkan dan dijual sendiri?
            Di lingkungan kalian ada industri rumah tangga? Cobalah ikut kerja. Suatu saat mungkin tertarik menggelutinya.  Besar asalnya dari kecil. Tidak ada diantara kalian yang bercita-cita hidup susah.  Ingin hidup enak! Belajar dan cari pengalaman mulai sekarang. Be creative!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar