Senin, 20 Juli 2009

T O T LESSON STUDY


Sudah dengar Lesson Study? Bagi yang sudah, bersyukurlah. Bagi yang belum, kalau membaca tulisan ini, berarti anda sudah pernah membaca. Bukan sudah dengar. Membaca tulisan kan berarrti melihat. Bukan mendengar he..he...he Nah mulai tanggal 12 sd 25 Juli 2009 bertempat di Badan Diklat Keagamaan Surabaya dilaksanakan TOT Lesson Study. Peserta terdiri guru, keplasa sekolah, pengawas dan widyaswara se wilayah Indonesia Timur (Jatim, NTB, NTT, Sulawesi, Maluku dan Papua)
Narasumber/trainernya lansung didatangkan dari negeri Matahari Terbit diantaranya Mr. Sato. Kegiatan diisi dengan diskusi, anjangsana ke sekolah pelaksana LS dan praktek implementasi LS di sekolah-sekolah Pasuruan.
Mengikuti LS ini membuat kita tambah mengerti apa arti pembelajaran agar kelak menjadi lebih baik. Baik yang tidak tercermin dalam bentuk angka-angka, tetapi kebaikan yang terwujud dari perilaku guru dalam pembelajaran di kelas agar tujuan pembelajaran tercapai.
Dan ternyata, menurut MR Sato, di Jepang tidak ada Unas seperti di Indonesia. Orang Jepang mengutamakan proses dan pembentukan nilai-nilai dari seorang peserta didik daripada mengedepankan nilai-nilai pendidikan yang terwujud angka-angka.
Nah bagaimana para pemerhati Pendidikan. Apakah pendidikan ala Jepang ini akan kita adopsi dengan modifikasi ala cita rasa Indonesia?
Semua tergantung dari kita semua. Ingin lebih baik atau sudah puas dengan keadaan sekarang.
Selamat ber Lesson Study.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar