Selasa, 17 Mei 2011

Angkutan Khusus Siswa Pedesaan

Pendidikan berkualitas untuk semua sangat didambakan masyarakat. Kucuran dana dari pemerintah lewat BOS ataupun blockgrand salah satu kiat memacu program ini. Namun masih ada masalah. Jarak sekolah dengan rumah siswa banyak yang terlalu jauh. Terutama siswa yang tinggal di pelosok pedesaan ataupun pegunungan. Akibatnya siswa sering datang terlambat. Tentunya ini mengganggu pencapaian hasil belajar siswa.

Minimnya transportasi umum di pedesaan adalah salah satu penyebabnya. Karena banyak orang tua yang tidak mempunyai sepeda motor sendiri untuk mengantar. Termasuk kondisi jalan dan jarak yang tidak memungkinkan siswa bersepeda ke sekolah. Kendala ini perlu mendapat solusi. Salah satunya dengan menyediakan angkutan khusus pelajar bagi siswa pedesaaan. Sepertinya bus pelajar di kota besar.

Pengadaannya bisa ditanggung pemerintah dengan block grand atau lewat komite sekolah. Untuk uang lelah sopir, BBM dan biaya perawatan bisa dianggarkan lewat dana pendidikan atau ditanggung siswa yang menggunakan fasilitas ini. Khusus siswa tidak mampu digratiskan. Transportasi lancar tuntaskan wajib belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar