Minggu, 01 Mei 2011

MENDIDIK ANAK PEREMPUAN

MENGHIDUPKAN PENDIDIKAN KETRAMPILAN PEREMPUAN DI SEKOLAH.
Ada fenomena menarik pada anak perempuan jaman sekarang. Banyak anak perempuan tidak mempunyai ketrampilan yang bisanya dikuasai wanita. Seperti memasak, menjahit, membuat kerajinan tangan atau sekedar memasang kancing baju. Ketrampilan sederhana sepertinya sudah dilupakan. Dianggap ketrampilan sepele dan jadul.
Kehidupan serba instan telah berdampak pada perkembangan psikomotorik anak perempuan. Mudahnya memenuhi keperluan sehari-hari dan jarang diajarkannya lagi pendidikan ketrampilan perempuan di sekolah-sekolah membuat mereka tidak lagi mencerminkan sosok calon wanita trampil. Padahal dengan pendidikan ketrampilan anak-anak perempuan dididik dan dilatih menjadi manusia yang sabar, teliti, telaten, rajin, dan mampu memanfaatkan segala sesuatu yang tidak berguna menjadi barang berharga.
Untuk itu di sekolah perlu dihidupkan pendidikan ketrampilan perempuan. Bisa sebagai muatan lokal atau kegiatan ekstra kurikuler. Setiap anak perempuan wajib mengikuti minimal satu jenis ketrampilan. Dengan demikian anak perempuan selain menguasai iptek juga menunjukkan jati diri wanita ideal.

1 komentar:

  1. Artikel menarik..Blog yang keren…. Senang saya mengunjungi blog anda.
    Saya juga punya sebuah blog yang berisi parenting tips dan kumpulan lagu pendidikan anak. Tentunya untuk membuat anak menjadi lebih cerdas dan kreatif.
    Silakan berkunjung ke blog saya di http://www.lagu2anak.blogspot.com
    Salam kenal. Kak Zepe

    BalasHapus