Selasa, 24 Mei 2011

Satu Hari Siswa Berpakaian Batik

Setiap menyambut hari Kebangitan Nasional diadakan pekan swadesi. Para pegawai baik negeri maupun swasta dianjurkan berpakaian batik. Wujud nasionalisme terhadap budaya asli Indonesia yang sudah diakui dunia. Ajakan berpakain batik perlu diperluas kepada anak-anak sekolah.

Karena selain seragam sekolah (OSIS), saat ini banyak sekolah mempunyai seragam khusus bercirikan sekolah bersangkutan. Seragam khusus ini pun kadang berlebihan. Ada yang menyerupai seragam tentara dengan berbagai atribut. Sangat jarang seragam khusus ini bercorak batik.

Memasuki tahun ajaran baru nanti seyogyanya sekolah mencanangkan satu hari dalam satu pekan berseragam batik. Corak batik dapat diseragamkan satu sekolah atau satu wilayah. Bisa juga corak batik bebas. Siswa bebas memilih corak sesuai selera dan membeli di pasar sesuai kemampuan. Sehingga sekolah tidak dianggap mencari keuntungan dari jual beli seragam batik. Dengan berbatik, siswa semakin tertanam nasionalismenya. Bangga terhadap budaya sebagai bagian pendidikan karakter bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar