Rabu, 25 Mei 2011

Membebaskan Sungai dari jamban massal

Sungai masih menjadi sumber penghidupan. Mulai untuk pengairan, memelihara ikan, wisata hingga untuk bahan air minum. Perlu pemeliharaan agar keberadaan sungai dapat terus dimanfaatkan dan lestari. Sayang, kini keberadaan sungai semakin terancam. Limbah industri dan rumah tangga mencemarinya. Di sisi kiri kanan, bahkan di atasnya banyak berdiri bangunan. Di sepanjang tepian pun berdiri jamban. Mungkin Indonesia menjadi pemegang rekor dunia sebagai negara yang mempunyai jamban terpanjang di dunia.
Kurangnya kesadaran terhadap kesehatan serta belum tersedianya jamban umum yang memadai. Akhirnya warga yang mukim di sekitar sungai membuat jamban praktis dan ekonomis. Mereka tidak mempedulikan kesehatan.
Agar sungai terbebas dari jamban massal, seyogyanya setiap RT yang tinggal di sekitar bantaran sungai membuat jamban umum sesuai persyaratan kesehatan. Tidak boleh membuang air buangan jamban ke sungai. Jika ada jamban di tepi sungai dan yang membuang limbahnya ke sungai di bongkar. Sehingga sungai bersih dan lebih banyak memberi manfaat kepada warga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar