Rabu, 18 Mei 2011

BETERNAK DI SEKOLAH

Bantuan ternak untuk siswa kurang mampu

Setiap sekolah pasti punya potensi. Bagi sekolah yang berlokasi di pedesaan atau pegunungan, kekayaan alam merupakan harta yang baik untuk pengembangan peternakan. Lahan yang luas, rumput dan dahan berlimpah bisa dimanfaatkan untuk pemberdayakan membantu siswa kurang mampu.

Salah satunya dengan memberi bantuan ternak, kambing atau sapi. Caranya sekolah mengumpulkan dana sosial dari siswa dan guru. Ditunjang dengan dana komite sekolah atau pihak lain yang peduli dengan pendidikan. Uang yang terkumpul dibelikan ternak dan berikan kepada orang tua siswa miskin untuk dikembangkan dengan sistem bagi hasil. Hasil keuntungan digulirkan untuk siswa kurang mampu lainnya.

Ternak juga bisa dikembangkan di area sekolah yang jauh dari ruang belajar sebagai media pembelajaran kontekstual. Ternak yang ada di area sekolah bisa dikelola oleh pegawai tidak tetap sekolah bersama siswa kurang mampu. Siswa mencari rumput usai jam pelajaran. Memanfaatkan rumput sekolah dan sekitarnya. Sebagian keuntungan disisihkan untuk membantu kegiatan sekolah yang tidak cukup didanai BOS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar