Senin, 30 Mei 2011

SATU GURU SERTIFIKASI SATU ANAK ANGKAT

Program pendidikan gratis lewat BOS memang sangat membantu masyarakat ekonomi lemah. Dengan program ini harapan pendidikan berkualitas untuk semua segera terwujud. Apalagi ditunjang dengan peningkatan profesionalisme guru lewat sertifikasi beserta pemberian tunjangan profesi pendidik (TPP). Kedua program tersebut bila berjalan sinergis akan menciptakan intelektual-intelektual muda.
Hanya saja BOS baru menyentuh biaya pendidikan di sekolah. Masih ada biaya penunjang pendidikan yang harus dipikul orang tua. Pakaian, buku beserta alat tulis, transportasi termasuk uang saku dan lain-lain. Ketiadaan biaya untuk hal seperti itu sering menjadi penyebab putus sekolah ataupun tidak mampu melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Diperlukan uluran tangan untuk membantu mereka. Salah satunya oleh guru, utamanya yang sudah menerima TPP.
Satu guru sertifikasi minimal memberi santunan satu siswa sebagai anak angkat utamanya di sekolahnya sendiri. Dengan demikian uang TPP-nya lebih bermanfaat. Tidak hanya untuk peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan, tetapi juga untuk siswanya. Dengan cara ini guru benar-benar menjadi teladan. Ing garso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar