Jumat, 02 Juli 2010

SERTIFIKASI PROFESIONAL ANGGOTA POLRI

Rasio kebutuhan tenaga polisi dan penduduk yang belum berimbang membuat keamanan masyarakat belum terlayani dengan baik. Belum lagi berbagai kasus yang melibatkan aparat kepolisian. Baik karena alasan pendapatan yang belum memenuhi kesejahteraan. Atau karena kerja anggota polri yang belum profesional. Tambahan tunjangan uang lauk pauk yang sebenarnya sudah cukup besarpun belum bisa menjamin keteguhan moral anggota polri.

Ada baiknya dalam tubuh Porri juga diadakan sertifikasi profesional seperti yang dilakukan kepada guru. Dengan sertifikasi ini anggota Polri yang memenuhi syarat akan memperoleh tunjangan tambahan sebesar gaji pokok dan tunjangan plus. Dengan demikian anggota polri akan terpacu bekerja lebih baik dan tidak mencari penghasilan tambahan dengan jalan tidak benar.

Dalam sertifikasi ini terutama ditekankan pada keprofesionalan kinerja, moralitas dan mental. Anggota polri juga perlu meningkatkan strata pendidikan atau menempuh program pendidikan baru yang berciri khas pendidikan polri. Kalau polisi nyaman, rakyat akan aman. Dan tidak ada polisi yang jadi beking preman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar