Sabtu, 31 Juli 2010

SHOLAT YANG ANEH

Maksud hati ,menambah pahala. Apa daya pak Imam tampil beda. Sabtu sore 30 Juli kemarin saya bermakdsud sholat magrib di sebuah masjid. Karna jamaah pertama udah usai, saya pun menunggu jamaah berikutnya.

Kebetulan ketika mau ambil wudlu, ada satu kelompok baru mulai sholat magrib berjamaah. Saya lekas wudlu, usai wudlu nampaknya jamaah sudah rokaat dua. Saya pun menunggu mau ikut rokaat tiga. Jadi makmum masbuk. Tahiyat awal sang kyai lumayan lama juga. Sy memilih nunggu imam berdiri daripada langsung duduk jadi jamaah. Tak lama berselang pak imam berdiri dari tahiyat awal.

Keanehan mulai terjadi. Karna pak Imam menyuarakan alfatihah dengan keras. Saya yang semula mau sholat urung. Dan berfikir dalam hati. Ini sholat apa yaa? belum hilang heran saya setelah alfatehah pak imam membaca surat-suratan. saya sementara berpikir, Pasti ini bukan sholat magrib, sholat lain model gaya baru. saya memutuskan sholat magrib sendiri. Dasar belum bisa sholat khusuk, sambil sholat saya menunggu akhir sholat jamaah pak imam. Eeeh ternyata di rokaat tiga ini pak imam langsung duduk tahiyat akhir hingga akhirnya salam. Dalam hati saya mulai berfikir kira2 sholatnya pak kyai tadi salah. Sambil terus sholat. Sholat kok yaa mikir yang lain yaaaa. Dan berniat mau tanya pak imam.

Maka setelah salam saya tidak wiridan (emang sudah biasa ...._ langsung doa. Seytelah itu bergegas menemui pak iman dan bertanya hal ikhwal sholar jamaahnya. Setelah sy tanya dan berusaha mengkonfrmasi apa tadi sholat model baru, ternyata pak imam baru sadar dan merasa salah. Beliau mengucapkan terima kasih atas penjelasana saya. Semoga saja penjelasan saya benar yaaa.

Inilah perlunya orang belajar ilmu agama. Kalau pengetahuan itu diperoleh sekedar dari membaca atau mengikuti orang lain. Kita tidak faham dan bisa mengartikannya. Oleh karena itu belajar agama itu penting, minimal untuk hal-hal yang berkaitan dengan ibadah wajib kepada Alloh sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar