Minggu, 27 Februari 2011

Satu Hari Berbusana Daerah

Untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan kompetensi siswa, sudah banyak program atau gerakan satu hari di sekolah. Mulai gerakan menabung, satu siswa satu tanaman, satu hari berbahasa daerah, satu hari berbahasa asing (Inggris), Jum’at bersih dan sebagainya. Program-program semacam ini jika dilaksanakan konsisten akan menciptakan anak berkepribadian mulia.

Disamping program tersebut terkait aspek ilmu pengetahuan, kegiatan pembiasaan dan pelestarian budaya bangsa perlu juga dicanangkan di sekolah. Salah satunya melestarikan busana daerah. Jika saat ini sudah banyak sekolah mempunyai seragam batik khusus ciri khas sekolah atau daerah, perlu juga anak-anak sekolah diprogramkan berbusana daerah. Satu hari dalam satu pekan atau dalam satu bulan, anak-anak memakai busana daerah masing-masing.

Dengan berbusana daerah, meraka akan mengenal, melestarikan dan mengembangkan budayanya masing-masing. Efek lain, industri atau kerajinan daerah yang memproduksi pernak-pernik busana daerah juga akan berkembang. Program satu hari berbusana daerah bisa juga diterapkan untuk semua instansi pemerintah daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar