Jumat, 16 April 2010

MENJADI SATPOL PP YANG SANTUN

Untuk kesekian kalinya bentrok Satpol PP dan warga memakan korban. Bahkan kejadian di Tanjung Priok memakan korban jiwa dan milyaran rupiah hangus jadi tumbal. Kita patut bersedih dengan apa yang sudah terjadi.
Warga memang kerap menjadi korban. Meski warga sendiri tidak sedikit dalam posisi salah dari sisi hukum. Akan tetapi masih ada jalan lain yang lebih cantik. Agar pengalihan fungsi lahan yang ditempati secara illegal turun temurun ini tidak terus menerus menjadi ajang sengketa dengan aparat.
Sebaliknya Saatpol PP juga jangan sering mengandalkan kekuatan. Para petugas Satpol PP bukanlah penggusur bayaran. Mengejar, memukul dan menghakimi warga yang kadang di luar peri kemanusiaan. Mesin penghancur jangan selalu menjadi garda terdepan, merobohkan bangunan tanpa ampun.
Andai petugas lebih santun dalam bertindak dan menggunakan cara kekeluargaan, masyarakat lebih mudah menurut. Berembug dengan hati dan kepala dingin memecahkan masalah tanpa masalah. Termasuk juga mencarikan alternativ tempat pengganti yang layak dan terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar