Kamis, 08 April 2010

TDL : TERANG DALAM LUKA

Janji direksi PLN untuk tidak menaikkan tarif dasar listrik (TDL) tahun ini tidak terbukti. Mulai Juli nanti pelanggan listrik rumah tangga berdaya 450 VA – 900 VA yang pemakaiannya lebih 30 kwh harus siap menerima tagihan lebih tinggi dari biasanya. Naik 10%.
Krisis listrik yang melanda dan program listrik 10.00 MW yang belum kelar mungkin menjadi alasan kenaikan ini. Tidak hanya untuk edukasi masyarakat agar berhemat. Di sisi lain, efisiensi yang dicanangkan PLN belum menyentuh kepentingan rakyat kecil.
Padahal kehidupan dan teknologi yang semakin maju menuntut kecukupan pasokan listrik. Untuk menjadi bangsa yang cerdas anak-anak butuh penerangan cukup, informasi lewat media atau internet serta penggunaan perangkat elektronika lain yang memerlukan tenaga listrik. Pada pemakaian wajar pun, dengan hitung-hitungan fisika pemakaian listrik 30 kwh bukan pemakaian untuk hidup layak. Demi peningkatan kualitas anak, akankah mereka dikorbankan?
Jika kenaikan itu benar-benar terjadi, minimal untuk rumah tangga berdaya 450 VA-900 VA jangan dikenakan dulu. Kalaupun terjadi akan menimbulkan TDL baru, Terang Dalam Luka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar