Kamis, 06 Mei 2010

KLINIK KORBAN UNAS

Pengumuman ujian nasional SMA baru usai. Hiruk pikuk keberhasilan dan gagal unas masih hangat menjadi perbincangan publik. Mulai warteg hingga istana. Sementara siswa yang gagal unas banyak yang belum bisa melupakan kegagalannya. Padahal ujian susulan sebentar lagi digelar, 10-14 Mei 2010.

Padahal 7 Mei esok, hasil unas SMP rencananya diumumkan. Belum bisa dipastikan, berapa persentase kegagalannya. Yang jelas siapapun yang gagal unas pasti menyesal dan mempunyai beban mental sebagai anak yang (pernah) gagal belajar di sekolah.

Untuk mengurangi beban psikologis yang gagal unas, ada baiknya didirikan klinik unas. Dalam waktu dekat, klinik ini untuk merehabilitasi mental dan menyiapkan bekal menghadapi unas susulan. Dalam jangka panjang, klinik unas berfungsi sebagai wahana konsultasi dan pemberi layanan bantuan bagi mereka yang memerlukan bantuan menghadapi problem pembelajaran. Terutama jika model unas seperti tahun ini masih dipertahankan. Kalaupun ada perubahan, klinik ini membantu siswa yang mengalami problem belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar