Senin, 04 Januari 2010

PAJAK LISTRIK BAGI SI KAYA

Kabar gembira dari direksi PLN baru di bawah pimpinan pak Dahlan Iskan. Tahun depan PLN berencana tidak menaikkan tarif dasar listrik. Walau PLN tengah berupaya mencukupi pasokan listrik, baik pengadaan pembangkit listrik skala kecil, serta penyediaan trafo cadangan. Program yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Devisit anggaran PLN yang mencapai puluhan trilyun tentunya juga membutuhkan dana segar dari pelanggan.
TDL kita yang konon terendah di Asia tenggara, daya listriknya banyak dihambur-hamburkan oleh mereka yang hidup bermewahan. Sementara rakyat kecil banyak yang masih antri untuk pasang. Padahal listrik sekarang langka, listrik bak barang mewah. Tapi anehnya banyak yang berfoya-foya dengan listrik.
Selain industri, konsumen terbesar listrik adalah orang-orang kaya. Sedang rakyat kecil yang berdaya di bawah 1300 VA, setiap bulan jarang yang pemakaiannya melebihi batas.
Untuk itu bagi mereka yang memakai listrik berlebihan dan berKVA di atas 1300 VA layak dikenakan pajak progresif, 10%-20% dari pemakaian. Dananya bisa dimanfaatkan PLN untuk mencukupi listrik tanah air. Mendukung program listrik 10.000 MW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar