Rabu, 18 Agustus 2010

BISMILLAH ITU BAGIAN SURAT AL FATIHAH

Mendengar ceramah atau ikut sholat berjamaah di berbagai tempat sering mendapat pengalaman berbeda. Ketika ikut sholat jamaah, waktu imam membaca surat Al Fatihah, seringkan bismillah tidak terdengar oleh makmum. Entah karena faham/madhab yang dianut tidak mengharuskan bismillah dibaca, atau dibaca tetapi dengan suara lirih.
Padahal Fatihah itu kan rukunnya sholat. Jadi kalau membaca yaa harus lengkap. Dan Fatihah itu terdiri dari 7 ayat, termasuk bismillah sebagai ayat pertama. Jadi kalau imam membaca surat alfatihah dengan suara jelas/lantang tetapi fatihahnya tidak dibaca jelas, rasanya juga tidak adil. Lebih baik yaa diperlakukan sama dalam satu surat. Kecuali untuk bacaan surat lain yang sunah. Tidak dibaca yaa nggak apa2, kan sunah .
Lho kalau di Mekkah kok Fatehah terdengar dibaca langsung alhamdulillahi robbil ‘alaamiina. Nah ini juga kemungkinannya sama dengan di atas tadi. Dan semua kembali dengan keyakinan dan madzhab yang dianut. Islam tidak mempersulit umatnya. Perbedaan adalah rahmat. Yang lebih penting sesame kaum muslim saling menghargai dan menghormati..
Ini ilmu yang saya peroleh waktu mendengar ceramah subuh barusan. Minimal ini sebagai pencerahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar