Sabtu, 14 Agustus 2010

HARI PRAMUKA 14 AGUSTUS

Hari ini, Sabtu 14 Agustus 2010 bertepatan dengan hari Pramuka. Akankah peringatan yang berada dalam bulan puasa Ramadan ini akan diisi dengan upaca bendera atau devile? Mungin saja tidak. Karena peringatan tidak harus ditandai dengan kegiaan cermony seperti upacara.
Yang penting di hari jadinya yang ke 49 ini para anggota pramuka instrospeksi. Apakah pramuka sekarang peran dan fungsinya sudah sesuai harapan? Apakah Pramuka benar-benar sebagai wadh kawula muda untuk berkarya? Apakah pramuka sebagai kegiatan vaforit anak-anak? Ini beberapa pertanyaan yang harus dijawab.
Karena secara sepintas, kegiatan pramuka dari waktu ke waktu belum menunjukkan perubahan berarti menyesuaikan perkembangan jaman. Tidak boleh tidak, seharusnya pramuka mampu menjawab tantangan jaman dan tuntutan masyarakat yang menghendaki suatu bentuk kegiatan generasi muda yang multiguna.
Mampu menampung aspirasi generasi muda yang sesuai dengan selera anak muda. Namun demikian masih dibatasi dengan aturan atau norma yang terkandung dalam nilai-nilai pendidikan kepramukaan.
Jika Gerakan pramuka mampu menyesuaikan diri dengan tuntunan masyarakat dan selalu up to date, pramuka tetap bisa eksis. Jika tidak, pramuka akan semakin ditinggalkan anak-anak muda. Tiada lagi terdengar suara tepukan dan nyanyian riang ria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar