Kamis, 13 Agustus 2009

NAMA DAN DOA

Apa arti sebuah nama? begitu banyak orang menganggap nama sebagai pelengkap identitias badan
Padahal nama adalah doa bagi si empunya. Salah memberi nama bisa salah tujuan. Memberi nama saja kalo ngawur bisa ditertawakan orang.
Dulu wktu SD saya punya teman. Oleh ortunya di beri nama KASLAN. Kata orang arab, Kaslan itu artinya malas. Untung saja waktu masuk madrasah tsanawiyah ia baru tahu. Bahwa arti namanya jelek. Akhirnya namanya diganti.
Ada juga teman ibu saya, namanya JHONI. Mungkin waktu itu nama Jhoni lagi ngetrend. Asal tempel yang penting kelhatan nama barat.
Malah ada anak perempuan diberi nama GUDEL. Gudel itu kan anak kerbau. Katanya, karena orangtuanya sering ditinggal mati anak-anaknya waktu kecil. Anak terakhir diberi nama Gudel. Biar umur panjang.
Nama adalah sampiran tubuh yang melekat hingga akhir hayat. Nama-nama menuntun yang punya untuk mengimplementasikan nama yang ada padanya. Syukur-syukr kalao buat nama jangan samapai ada yang ngembari. Biar kalo ada sensus atau pendataan DPT petugasnya tidak bingung. Dan jangan lupa, waktu memberi nama selamatan. Ngundang tetangga dan baca-baca doa. Agar namanya membawa berkah. Tidak sekedar nama.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar