Selasa, 29 September 2009

HARI SARJANA YANG DILUPAKAN

Berapa banyak sarjana yang tahu tanggal peringatannya? Orang yang gelarnya berderet melebihi panjang namanya saja belum tentu tahu. Termasuk para profesor. Karena kalau profesor selalu ingat tanggal lahir sarjana, malah tidak cocok dikatakan profesor. Ciri khas profesor kan pelupa? Betul nggak. 29 September ini kabarnya merupakan hari jadinya sarjana. Nggak peduli jenis kesarjanannya.
Lantas mau apa hari sarjana diperingati, kalau banyak sarjana2 yang masih menganggur? Ngganggur kok mau memperingati, uangnya dari mana? Lha wong buat surat lamaran saja kadang masih ngutang.
Malah kalau kita perhatikan di sekitar, masih banyak sarjana-sarjana nganggur. Mereka itu termasuk sarjana pengangguran alias menjadi intelektual parkir. Ada banyak sebab mengapa banyak sarjana2 nganggur. selain dulunya waktu milih jurusan manut grubyuk, jurusan yang dibuka oleh PT itu sebenarnya sudah banyak yang jenuh. Akibanya, alumni universitas ini bingung mencari lahan pencaharian. Apalagi banyak sarjana yang menganut aliran sarjana kolot.
Sarjana yang tidak mau bekerja kalau bidang yang ditawarkan s tidak sesuai ijazahnya. Payah memang. Hari gini cari kerja milih2. Yang sudah bekerja saja banyak yang diPHK. Lantas apa yang bisa diperbuat.
Kalau yang begini ini kita bisa mengambil pelajaran dari Ir Ciputra, Boss ciputra. Jadilah entrepreneurs.
Berani ambil resiko, suka tantangan, tahan banting serta kreatif dan inovatif. Jangan menunda waktu. Mulailah dari sekarang, mulailah yang dari yang kecil mulailah dari diri sendiri dan mulailah bertindak, mulailah dari yang kita bisa dan jangan terlalu ikut arus. Beranilah berubah, karena hidup adalah perubahan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar