Minggu, 07 November 2010

MENERTIBKAN ANAK SEKOLAH BERSEPEDA MOTOR

Batasan umur bagi pengendara sepeda motor kini tak lagi tegas. Banyak anak di bawah umur bebas bersepeda motor ria, diantaranya anak-anak sekolah. Sayang, sering berkendaranya tidak memakai helm dan membahayakan pemakai jalan lain. Kecelakaan pun sering menimpa mereka hingga merenggut jiwa.
Alasan mengapa anak sekolah terpaksa bersepeda motor, diantaranya karena kurangnya transportasi umum di jam sekolah. Bahkan di beberapa daerah tidak ada transportasi umum. Padahal jarak rumah ke sekolah jauh. Sementara orang tuanya tidak bisa berkendara atau tidak ada yang mengantar yang memaksa anak-anak ini bersepeda motor sendiri.
Di usia belianya, anak-anak sekolah belum dewasa cara berkendaranya. Untuk itulah perlu pembinaan bagi anak sekolah tentang berkendara di jalan raya oleh kepolisian dan sekolah. Jika tidak mungkin melarang karena alasan teknis, toleransi berkendara bagi anak sekolah perlu diimbangi dengan tindakan. Menertibkan dan menindak yang melanggar, di luar aturan batasan umur syarat wajib pemegang SIM C. Jika mampu, sekolah menyediakan angkutan gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar