Jumat, 05 November 2010

URUNAN BELI SAHAM KRAKATAU STELL

Lepasnya Indosat ke investor asing beberapa tahun lalu, kini akan terulang. Seandainya saja Krakatau Steel dilepas ke pasaran dengan harga murah kepada investor asing. Privatisasi dan kejar target pencapaian pemasukan anggaran negara, nampaknya membuat pelepasan aset bangsa strategis tidak lagi mempertimbangkan nasionalisme dan prospek ke depan.

Sebagai bangsa yang giat membangun, BUMN atau swasta dalam negeri adalah penghasil produk untuk memenuhi hajat bangsanya serta penghasil devisa. Di era pasar bebas, kemapanan industri dalam negeri menjadi kunci kemandirina bangsa. Jika tidak, kita akan menjadi pasar bagi produk negeri yang dioperatori orang asing. Penjajahan model baru.

Perlu penyadaran para pengambil keputusan agar tidak mudah melepas BUMN strategis ke pasar modal. Pengelola BUMN dapat menawarkan atau mengajak karyawan bahkan seluruh warga negara untuk urunan membeli saham. Para pembeli dikoordinir oleh perwakilan koperasi, perkumpulan masyarakat atau gabungan pengusaha dalam negeri untuk bersama-sama membeli perusahaan nasional yang rentan jatuh ke investor asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar