Senin, 01 November 2010

WISATA 3 in 1

WISATA ILMIAH DI DAERAH BENCANA
Selalu ada hikmah di balik musibah. Tak terkecuali letusan Merapi dan tsunami Mentawai. Untuk kalangan pendidik dan ilmuwan, dua peristiwa ini bisa menjadi obyek penelitian dan study wisata. Kesempatan langka yang tidak bisa ditemui setiap saat. Terutama bagi anak-anak sekolah. Jika selama ini teori fenomena alam hanya bisa dibaca atau dilihat dari buku serta tayangan video, kini anak-anak dapat belajar langsung di alam nyata.

Kegiatannya dikemas dalam bentuk wisata ilmiah. Kalau biasanya sekolah mempunyai agenda tahunan study tour ke tempat wisata, program study tour kali diarahkan untuk mengunjungi daerah bencana di Merapi atau Mentawai. Tentu saja mereka diajak ke sana setelah status di daerah tersebut aman.

Di samping berwisata sambil belajar, diprogramkan juga melakukan bhakti sosial. Memberi bantuan atau melakukan kegiatan membantu para korban. Dengan demikian wisata anak-anak bermanfaat 3 in 1. Tidak hanya menyegarkan pikiran, memperoleh ilmu tetapi juga memberi kemanfaatan bagi sesama. Menumbuhkan jiwa sosial bernuansa ilmiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar