Jumat, 12 November 2010

WORKSHOP PEMBINA OSN SMP

Mulai 11-16 November 2010, guru-guru SMP Jatim mengikuti workshop pembina OSN. Workshop kali ini diikuti 800 guru yang terbagi dalam 2 gelombang. Peserta adalah guru pendamping siswa yang menempati peringkat 1-200 seleksi OSN tingkat propinsi tahun 2010. Kegiatan berlangsung di Kawasan sejuk tretes di 4 hotel berbeda dan dibuka semalam di hotel Inna Tretes.

Menurut Pak Ardo yang membuka kegiatan, workshop ini diadakan sebagai jawaban atas prestasi Jatim di ONS tingkat nasional yang dari tahun ke tahun merosot prestasinya. Bagaimana tidak, untuk OSN 2010 yang diadakan di Medan, dari 56 peserta OSN SMP hanya mamapu membawa pulang 3 medali emas, sedang dari 70 anak sma hanya 2 emas.
Oleh karena itu, sebagai ujung tombak pembinaan siswa, guru-guru perlu mendapat nutrisi tambahan. Agar para siswa nantinya bisa bicara lebih baik.

Tidak tanggung-tanggung nara sumber yang didatangkan adalah para pakar penyusun soal OSN. Dari UM Malang, UPI dan UI. Dengan narasumber berbobot ini diharapkan para pembina OSN ini mampu bertambah wawasan dan kiatnya dalam membina ana-anaknya. Meski untuk melahirkan Sang juara tidak cukup hanya dengan workshop. Masih banyak faktor lain yang berperan dalam membentuk anak berprestasi. Salah satunya pencarian bibit unggul, pembinaan dan penghargaan.
Oleh karena untuk menghadapi OSN 2011, setelah workshop ini setiap kabupaten diharapkan membuat action plan pembinaan siswa-siswanya. Disamping Propinsi akan membuat program khusus melakukan pembinaan intensif lebih dini. Hal ini diawali dengan pendataan siswa berprestasi minimal tingkat Propinsi yang akan dibina lebih lanjut. Semoga usaha ini awal kebangkitan untuk mecerdaskan pendidikan bangsa dan mencapai prestasi setinggi-tingginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar