Jumat, 08 Oktober 2010

HANSIP MENJADI POLISI KAMPUNG

PATROLI RUTIN HANSIP DI KAMPUNG
Rentannya keamanan di lingkungan kita akhir-akhir ini cukup mengkuatirkan. Mulai kriminal ringan hingga gangguan teroris. Belum memadainya ratio kebutuhan tenaga kepolisian terhadap jumlah penduduk membuat para pengganggu kamtibmas kian merajalela. Mereka yang tinggal di kawasan/perumahan elite bisa menyediakan tenaga keamanan sendiri. Tetapi bagi masyarakat umum masih banyak menggantungkan tenaga kepolisian serta kepedulian tetangga. Ketiadaan dana membuat masyarakat tidak mampu menyediakan tenaga keamanan sendiri.

Setiap desa pasti punya anggota Hansip (Pertahanan Sipil). Keberadaannya cenderung hanya digunakan tatkala ada kegiatan ceremonial desa atau menjadi tenaga keamanan warga kampung yang punya hajatan. Dengan upah seikhlasnya dari pemakai jasanya. Setelah itu mereka nganggur.

Anggota Hansip ini seyogyanya dioptimalkan. Menjadikan mereka sebagai tenaga keamanan warga kampung. Melakukan patroli rutin dan menjaga keamanan lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya. Dananya berasal dari swadaya murni masyarakat. Dengan sedikit pengorbanan, keamanan warga lebih terjamin. Sekaligus membuka lapangan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar