Selasa, 19 Oktober 2010

SELAMATKAN TEPIAN SUNGAI

Ada pertanda buruk bagi kelestarian lingkungan, terutama di tepi aliran sungai. Jika di kota besar tepi sungai banyak didirikan bangunan liar, di daerah aliran sungai termasuk di dekat desa yang dilalui, lahan tepi sungai banyak yang kritis. Pepohonan yang dulu banyak tumbuh menahan aliran air, kini keberadaannya kian habis. Pohon bambu pengaman tepian sungai banyak ditebang untuk proyek pembangunan. Belum lagi penduduk juga memotong pohon sekedar buat kayu bakar. Tanpa memperhitungkan dampaknya.

Tidak heran jika saat ini ketika musim hujan mulai datang, bahaya mengancam. Tepi sungai mudah ambrol tergerus air. Air pun meluap. Menimpa petani dan penduduk sekitar sungai. Tidak sedikit kerugian yang ditanggung penduduk akibat ulah mereka sendiri.

Perlu penyelamatan terhadap tepian sungai ini. Melarang siapapun menebang pohon di aliran sungai. Menanami tepi sungai dengan tanaman keras yang akarnya mampu menahan air dan tanah. Jika tepian sungai kuat, minimal ancaman jebolnya tanggul dan meluapnya air teratasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar