Jumat, 29 Oktober 2010

OLIMPIADE BUDAYA INDONESIA

Kenekaragaman budaya membuat Indonesia semakin indah. Kekayaan ini menjadi aset bangsa dan mampu menarik bangsa lain untuk mempelajarinya. Tidak sedikit budaya asli Indonesia mendunia. Mulai gamelan, sinden, dalang, batik, pencak silat, bahasa Indonesia dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang orang luar lebih mumpuni menguasai budaya asli Indonesia. Ini sangat membanggakan.

Agar Indonesia semakin mendunia, perlu diadakan Olimpiade Budaya Indonesia (OBI). Mengundang negara lain untuk berkompetisi dalam bidang seni, budaya dan sastra Indonesia. Dengan OBI, kita semakin dikenal se antero dunia. Sekaligus sebagai upaya melestarikan warisan nenek moyang dan menghargai perjuangan pemuda, pengikrar Sumpah Pemuda 1928.

Di samping itu, OBI sebagai pelecut generasi muda agar bangga dan mau mempelajari budaya bangsa sendiri. Supaya mereka mempunyai rasa malu, kalau tidak mengenal, menguasai bahkan tidak tahu budaya bangsa sendiri. Sementara bangsa lain mumpuni terhadap budaya Indonesia. Jangan sampai suatu saat nanti kita harus belajar ke negeri orang untuk belajar budaya Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar